Jumat, 06 November 2020

26 Jenis Makanan Burung Perkutut, Manfaat dan Harganya

26 Jenis Makanan Burung Perkutut Berkualitas Agar Rajin Bunyi dan Cepat Manggung - Banyak sekali jenis pakan perkutut. Baik pakan pekrutut racikan maupun pakan perkutut pabrikan. Pakan perkutut pabrikan seperti Phoenik, Pakan Burung Perkutut GOLD COIN sangat populer di kalangan kung mania.

Untuk makanan perkutut non pabrikan jenisnya juga sangat beragam. Pemberian pakan perkutut rumahan dan perkutut yang baru didapat dari alam kadang juga berbeda. Pakan perkutut anakan/piyikan dan pakan perkutut dewasa juga berbeda. Untuk kali ini, perkututpedia.com akan menyampiakan berbagai jenis makanan perkutut beserta harga dan manfaatnya.

Makanan Burung Perkutut Sehat Manggung

1. Milet


Sudah sangat populer jenis pakan perkutut ini. Hampir semua pecinta perkutut memberi makan perkutut denga milet. Milet termasuk salah satu makanan utama perkutut. Jenis pakan perkutut ini bisa memberikan energi yang besar pada perkutut. Jenis milet ini ada beberapa, yang sering digunakan adalah milet yang berwarna putih dengan campuran warna merah. 

Milet adalah sejenis biji-bijian dari tanaman semak, yang konon kabarnya berasal dari tanaman dari luar negeri. Untuk harga Milet  saat ini kisaran 17.000- 21.000 per kg.

2. Jewawut

pakan perkutut jewawut
pakan perkutut jewawut


Jewawut juga termasuk pakan perkutut yang sudah populer. Banyak kalangan kung mania yang memberikan pakan perkutut nya dengan pakana jewawut. Jewawut juga termasuk pakan dari biji-bijian dari tanaman semak. Tanaman jewawut ini agak mirip dengan jagung dengan kandungan protein sangat tinggi dan sangat bagus untuk pakan perkutut. 

Bagi peternak perkutut, jewawut sangat disarankan untuk pakan perkutut yang sedang mengeram. Harga Jewawut sendiri saat ini berkisar 18.000 - 28.000 per kg.

3. Kacang Hijau

pakan perkutut kacang hijau
pakan perkutut kacang hijau


Kacang hijau termasuk makanan perkutut yang sangat bergizi dan dibutuhkan perkutut. Namun demikian, tidak semua perkutut doyan dengan kacang hijau. Bukan termasuk makanan utama perkutut, namun sangat disarankan untuk diberikan pada perkutut secara berkala. 

Cara memberikan pakan perkutut kacang hiaju adalah dengan melolngkan secara langsung ke dalam mulut perkutut beberapa biji saja. Sebelum dilolongkan, biasanya kacang hijau direndam terlebih dahulu agar tidak terlalu keras. Untuk harga, kacang hijau, saat ini kiasran antara 19.000 - 50.000 per kg nya, terantung kulitas juga.


4. Beras Merah

pakan perkutut beras merah
pakan perkutut beras merah

Makanan perkutut yang baik selanjutnya adalah beras merah. Bagi yang ternak perkutut, makanan ini sangat dianjurkan diberikan pada saat perkutut birahi. Karena beras merah sangat bagus untuk meningkatkan kesuburan perkutut sehingga bisa meningkatkan produksi anakan perkutut. Selain itu, beras merah juga sangat tinggi kandungan vitamin E dan B kompleks nya sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan burung perkutut. Harga beras merah per kg kisaran 12.000 - 18.00 WIB

5. Ketan Hitam

Pakan Perkutut Ketan Hitam
Pakan Perkutut Ketan Hitam

Ketan hitam termasuk pakan perkutut dengan harga yang agak mahal. Jenis pakan perkutut ini sangat bagus diberikan ketika musim penghujan atau musim dingin karena ketan hitam bia menghangatkan tubuh perkutut. Karena ada beberapa jenis perkutut yang sering kena flu ketika musim penghujan datang, maka ada baiknya jika Anda selalu sedia makanan perkutut ketan hitam ini. Harga Ketan Hitam kisaran 30. 000 - 35. 000 untuk satu kg nya.


6. Gabah

Pakan Burung Perkutut Gabah
Pakan Burung Perkutut Gabah

Gabah termasuk jenis pakan perkut yang banyak digunakan juga. Gabah adalah sejenis biji-bijian yang berasal dari tanaman padi. Gabah ini adalah pakan perkutut lokal yang berkualitas. Termasuk juga makanan burung perkutut di alam liar karena banyak tersedia di persawahan. Kenapa gabah menjadi pakan perkutut yang berkualitas, karena gabah ini termasuk biji-bijian yang kaya akn serat sehingga tidak membuat perkutut menjadi mudah gemuk. Harga Gabah saat ini berkisar antara 11.000 - 15.000 per kg nya.


7. Gabah Bangkok

Pakan Burung Perkutut Gabah Bangkok
Pakan Burung Perkutut Gabah Bangkok

Selanjutnya adalah gabah juga namun jenisnya adalah Gabah Bangkok. Gabah bangkok memiliki ukuran yang lebih besar dari pada gabah biasa. Kandungan di dalam gabah bangkok pun juga sama dengan gabah biasa, tinggi serat. Maka dari itu perkutut lokal juga banyak yang menyukai dan terbiasa dengan makanan ini. Apalagi perkutut lokal alam, mereka cenderung langsung bisa dikasih makan makanan gabah ini. Harga Gabah Bangkok kisaran 18. 000 - 20. 000 per kg nya, bisa lebih sedikit.


8. Enceng-enceng

Ada beberapa nama untuk makanan ini. Di beberapa daerah menyebutnya orok-orok, ada juga yang menyebut kartok. Tanaman ini biasa di tanam di rumah sejenis tanaman semak. Makanan jenis ini tidak banyak ditemukan di pasaran atau toko pakan burung. Hal ini membuat jarang juga kung mania yang menggunakan pakan ini untuk perkututnya. Namun demikian sebenarnya manfaat enceng-enceng sangat banyak untuk perkutut. Salah satunya adalah untuk melancarkan pernafasan dan juga untuk menghangatkan tubuh burung perkutut.


9. Kencur

Makanan Burung Perkutut Kencur
Makanan Burung Perkutut Kencur


Kencur termasuk jenis pakan perkutut ang populer di kalangan kung mania. Bahkan bukan saja untuk makan, namun kencur ini lebih kepada sebagai jamu perkutut atau tambahan nutrisi untuk perkutut. Karena manfaat kencur untuk perkutut sangat banyak dan nyata. Beberapa diantara manfaat kencur untuk perkutut adalah untuk melegakan tenggorokan perkutut dan juga untuk melancarkan pencernaan perkutut. 

Caranya sangat simpel yaitu hanya dengan memotong menjadi tiga bagian kecil kemudian lolohkan pada perkutut Anda tiga hari sekali, kemudian lihat reaksinya. Harga kencur segar 1 kg berkisar Rp35.000.


10. Sorgum

Makanan Burung Perkutut Sorgum
Makanan Burung Perkutut Sorgum

Asing dengan nama ini, ya memang sorgum belm begitu banyak yang mengetahuinya. Namun mafaat sorgum untuk perkutut sudah tdak diragukan lagi. Diantarnya adalah untuk menambah tenaga perkutut Anda. Pemberian sorgum pada perkutut tidak boleh berlebihan karena rawan membuat perkutut kegemukan. Ketika perkutut kegemukan, maka akan rawan terkena berbagai macam penyakit perkutut. Harga sorgum segar sekitar Rp 2.500 sampai Rp 3.000 per kg.

11. Tulang Sotong

Makanan Perkutut Tulang Sotong
Makanan Perkutut Tulang Sotong

Tulang Sotong mungkin sudah banyak yang menggunakannya untuk pakan perkutut. Tulag sotong ini berfungsi sebagai asinan untuk burung perkutut. Tulang Sotong sangat bagus karena memiliki beragm kandungan yang sangat bermanfaat untuk perkutut. Diantara kandungan tersebut adalah kalsium yang sangat tinggi, magnesium, kalsium karbonat, sodium klorida, dan kalsium fosfat. Caranya adalah cukup dengan menggantung tulang sotong tersebut di dinding sangkar perkutut Anda. Harga tulang sotong kering kisaran Rp3.000 - Rp.7.000


12. Biji Sawi

Makanan Perkutut Tulang Sotong
Makanan Perkutut Tulang Sotong

Kandungan yang beragam di dalam biji sawi sangat bagus untuk burung perkutut. Banyak yang menggunakan biji sawi sebagai makanan perkutut racikan sendiri. Cara meracik makanan perkutut juga berbeda dari masing-masing kung mania. Diantara beberapa kandungan yang terdapat di dalam biji sawi adalah lemak, protein, karbohidrat, vitamin A, E, K, Kalsium dan lain-lain. Manfaat biji sawi untuk perkutut adalah untuk menghangatkan tubuh perkutut pada saat musim hujan. Harga biji sawi kisaran Rp20.000-Rp40.000 per kg nya.


13. Godem

Godem juga pakan burung perutut. Bentuk godem ini mirip atau hampir sama dengan jewawut. Yang membedakan adalah permukaan godem lebih lebih hitam dan mengkilap dan lebih halus bila dibandingkan dengan jewawut. Manfaat godem untuk perkutut adalah bisa membuat perkutut rajin manggung serta bisa menghangatkan tubuh perkutut. Namun jika terlalu banyak menggunakan godem, bisa membuat pita suara perkutut rusak.


14. Minyak Ikan

Makanan Perkutut Minyak Ikan
Makanan Perkutut Minyak Ikan

Minyak ikan untuk perkutut lebih sebagai suplemen tambahan. Minyak ikan termasuk suplemen burung perkutut yang bagus. Banyak kandungan di dalam minyak ikan yang bagus untuk perkutut Anda. Cara pemberian minyak ikan untuk perkutut adalah dengan melolohkan satu butir saja pada perkutut setiap tiga hari sekali.


15. Biji Kenari

Makanan Perkutut Biji Kenari
Makanan Perkutut Biji Kenari

Di dalam biji kenari terdapat banyak sekali kandungan gizi yang bagus untuk perkutut. Makanan perkutut ini sangat direkomendasikan untuk diberikan pada perkutut sebagai penunjang kesehatan perkutut Anda. Manfaat biji kenari untuk perkutut adalah untuk menyegarkan tubuh perkutut dan mengatasi suara serak pada burung perkutut anda. Kandungan yang ada di dalam biji kenari adalah protein, karbohidrat, dan lemak. Harga Biji Kenari sekitar Rp22.000 an per kg nya.


16. Bunga Rumput/ Kembang Suket

Makanan Perkutut Bunga Rumput
Makanan Perkutut Bunga Rumput

Beberapa kung mania menyarankan untuk memberi pakan perkutut dengan bunga rumput atau dalam bahasa jawa kemang suket. Suket yang digunakan adalah suket teki. Manfaat kembang suket teki ini ad yang menyebutkan bisa mengatasi suara perkutut serak. Pemberiannya tidak setiap hari namun hanya beberapa kali saja dalam tiga hari atau seminggu.


17. Bata Merah

Makanan Perkutut Bata Merah
Makanan Perkutut Bata Merah

Agak aneh memang menggunakan bata merah sebagai pakan perkutut. Namun ternyat fungsi bata merah untuk perkutut adalah untuk ngasin atau untuk membantu mencerna biji-bijian yang keras. Karena ada beberapa kasus memelihara perkutut tidak diberi asinan kadang perkutut malah memakan kotorannya sendiri. Pemberiannya adalah dengan membuat bata merah menjadi sedikit lembut semacam krikil atau batu-batu kecil. Harga serbuk bata merah kisaran 8.000- 12.000 per kg.


18. Biji Fumayin

Makanan Perkutut Biji Fumayin
Makanan Perkutut Biji Fumayin

Biji fumayin ini biasanya untuk burung kicauan semacam lovebird. Namun ternyata Fumayin juga bisa untuk perkutut. Fungsi biji Fumayin untuk perkutut adalah untuk meningkatkan birahi burung perkutut. Jadi jika Anda menernak perkutut, maka pemberian pakan perkutut dengan fumayin sangat disarankan untuk meningkatkan poduksi. Harga Biji Fumayin kisaran Rp10.000- Rp. 13.000


19. Beras Jagung

Makanan Perkutut Beras Jagung
Makanan Perkutut Beras Jagung

Beras jagung adalah jagung yang digiling tidak terlalu lembut. Ini juga termasuk alternatif pakan perkutut yang bisa dijadikan pilihan. Terutama jika dana sedang cekak atau bokek, karena biasanya beras jagung ini harganya lebih murah dari pada jenis pakan perkutut lainnya. Harga beras jagung curah mulai dari Rp11.000-Rp15.000 per kg.


20. Beras Hitam

Makanan Perkutut Beras Hitam
Makanan Perkutut Beras Hitam

Alternatif pakan perkutut yang lain adalah beras hitam. Beras hitam ini termasuk pakan perkutut yang sering digunakan juga. Jika mungkin perkutut Anda sulit diberi pakan perkutut, coba diberi beras hitam barangkali bisa menjadi solusi perkutut Anda. Harga beras hitam kisaran Rp20.000 per kg.


21. Pur Ayam

Makanan Perkutut Pur Ayam
Makanan Perkutut Pur Ayam

Sebagai alternatif lagi, pur Ayam bisa menjadi pilihan yang bagus. Pur Ayam 511 sangat bagus untuk penggemukan burung perkutut. Jika dirasa perkutut Anda masih sangat kurus, maka pur ayam ini bisa menjadi solus. Namun disarankan jika dirasa perkutut sudah cukup gemuk, coba diganti dengan pakan yang lain. Harga pur ayam kisaran Rp9.000-Rp12.000 per kg.


22. Ketumbar

Makanan Perkutut Ketumbar
Makanan Perkutut Ketumbar

Memberi makan perkutut dengan ketumbar bisa menjadi salah satu aleternatif cara menggacorkan perkutut. Beberapa kandungan yang ada pada ketumbar banyak yang menyebutkan bisa membuat perkutut nggacor maksimal. Jadi ketumbar ini berfungsi lebih kepada meningkatkan kualitas perkutut. Harga Biji Ketumbar 1/2 KG - 500 Gram Rp20.350


23. Habatus Sauda/ Jinten Hitam

Makanan Perkutut Habbatussaudah
Makanan Perkutut Habbatussaudah

Sebagai makanan tambahan perkutut lagi, habatussauda atau jinten hitam juga bisa digunakan. Jinten hitam berfungsi sebagai jamu perkutut atau pengganti vitamin perkutut. Namun jika tidak cocok Anda juga bisa membuat jamu perkutut racikan sendiri jika kurang yakin dengan kualitas jamu perkutut pabrikan.


24. Kunyit

Makanan Perkutut Kunyit
Makanan Perkutut Kunyit

Ada banyak manfaat kunyit untuk perkutut. Salah satunya adalah untuk antibiotik perkutut. Jadi disarankan mengkonsumsi kunyit beberapa kali dalam seminggu atau sebulan. Jangan diberikan setiap hari, kunyit untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan perkutut saja.


25. Pasir Laut

Makanan Perkutut Pasir Laut
Makanan Perkutut Pasir Laut

Jika di atas tadi ada bata merah dan tulang sotong untuk asinan, ada lagi yang bisa digunankan sebagai asinan yaitu pasir laut. Beberapa kung mania menggunakan pasir laut untuk asinan perkutut. Bagi yang belum paham apa itu asinan perkutut, bisa di baca apa itu asinan perkutut. Harga pasir laut kisaran Rp10.000-Rp13.000


26. Makanan Pabrikan

Makanan Perkutut Pabrikan
Makanan Perkutut Pabrikan

Makanan pekutut pabrikan ada banyak sekali jenisnya. Jika memang Anda termasuk orang yang sulit membagi waktu, maka pakan perkutut pabrikan bisa menjadi pilihan Anda. Diantara makanan perkutut pabrikan yang populer adalah Sae Kong, Gold Coin Perkutut Royal, Madura Koung, dan lain-lain. 

Harga pakan perkutut pabrikan ada bermacam-macam. Harga Pakan Perkutut MADURA KOONG SUPER GIZI Rp25.000. Harga pakan perkutut madura koong original Rp9.900. 

Harga Pakan Burung Perkutut berkualitas (Plus Ramuan Madura) SAE KOONG Rp11.500. Pakan Burung Perkutut GOLD COIN Rp10.900. Harga Pakan Perkutut PHOENIX PERKUTUT GOLD Bijian Rp9.500.

Atau Anda juga bisa membeli makanan perkutut racikan sendiri yang memang sudah diracik oleh ahli perkutut senior. Sudah sangat banyak sekali sekarang yang menjual makanan perkutut racikan. Atau Anda bisa hubungi kami di wa.me/6285755586000 untuk pakan perkutut racikan atau jamu perkutut racikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar